"DwiBanet.Com : berisi Kumpulan Informasi menarik tentang Ape Aje, semoga bermanfaat"

Kamis, 12 Januari 2012

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Merupakan satu dari beberapa bangunan kebanggaan kota Surabaya. Tugu Pahlawan merupakan simbol peringatan terhadap perjuangan bangsa Indonesia, saat ini menjadi tempat wisata yang menarik, apalagi untuk Anda yang menyukai sejarah atau untuk pengenalan sejarah kepada keluarga. Di Tugu Pahlawan anda dapat  langsung juga berkunjung ke Museum 10 Nopember yang berada dalam kawasan ini.

Kota Pahlawan, Surabaya mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan karena di kota ini telah terjadinya pertempuran pada tanggal 10 Nopember 1945 yang mana para pejuang Indonesia menurunkan bendera Negara Belanda dan membunuh pemimpin Pasukan tentara Belanda yang bernama Jenderal Mallaby. Pertempuran ini merupakan bagian sejarah berdirinya bangsa Indonesia

Tugu pahlawan berbentuk paku terbalik, yaitu ukuran bawah tugu lebih besar dari ukuran atas. Tugu ini memiliki tinggi 41,15 meter atau 45 yard dan ukuran bawah 3,1 meter semakin ke atas ukurannya semakin kecil. di sekitar monumen inii terdapat patung dan bangunan lain yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia, khususnya untuk mengenang pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 Nopember 1945.

Pada salah satu sisi monumen terdapat patung presiden pertama Indonesia yaitu  Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Mohammad Hatta saat membaca proklamasi kemerdekaan diantara pilar-pilar tinggi yang menyerupai reruntuhan suatu bangunan. Pada pilar-pilar juga terdapat tulisan-tulisan pembangkit semangat kemerdekaan yang menyerupai coretan-coretan. Bentuk unik dari pilar ini menjadi tempat favorit untuk berfoto.

0 komentar:

Posting Komentar