"DwiBanet.Com : berisi Kumpulan Informasi menarik tentang Ape Aje, semoga bermanfaat"

Selasa, 10 Januari 2012

Propinsi Bengkulu


Bengkulu merupakan salah satu Provinsi di Negara Republik Indonesia yang berada di Pulau Sumatera, terletak di pantai barat Pulau Sumatra, membujur sejajar dengan pegunungan Bukit Barisan serta mempunyai  wilayah dengan luas 19.789.780 km persegi. Berbatasan dengan  Propinsi Sumatra Barat disebelah utara, Propinsi Lampung disebelah selatan, Jambi dan Propinsi Sumatra Selatan disebelah Timur dan Samudra Hindia disebelah Barat.

Bengkulu berdiri menjadi salah satu Propinsi dari Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 16-11-1968 melalui Undang-Undang Nomor : 9/1967 Jo Peraturan Pemerintah Nomor : 20/1068.

Sebelum menjadi Provinsi,  Bengkulu adalah salah satu Karesiden yang berada di Sumatra bagian Selatan,  awal berdirinya Propinsi Bengkulu memiliki 1 (satu) Kotamaya dan 3 (tiga)  Kabupaten, saat ini setelah adanya pemekaran wilayah maka  Propinsi Bengkulu memiliki 9 (sembilan) Kabupaten/Kota.

Penduduk Bengkulu saat ini  tersebar pada 9 Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Muko-Muko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Seluma,   Kabupaten Lebong dan Kota Bengkulu. Sedangkan Suku-suku besar yang mendiami Provinsi Bengkulu adalah merupakan cikal bakal penduduk Provinsi Bengkulu antara lain Suku Rejang,  Suku Lemak, Suku Melayu, Suku Muku-muko, Suku Enggano, Suku Pekal, dan Suku Serawai

Profinsi Bengkulu terdiri dari datataran tinggi dan dataran rendah, Provinsi Bengkulu sebelah barat merupakan dataran rendah dengan Vegetasi Cemara Laut disepanjang pantai berpasir putih dengan panjang garis pantai lebih dari 525 KM. daerah perairan laut Bengkulu dengan pulau-pulau kecil didalamnya seperti, Pulau Tikus, Pulau Mego, Pulau Dua dan Pulau Enggano yang merupakan pulau terluar dari batas wilayah Indonesia.

Provinsi Bengkulu sebelahtimur merupakan datataran tinggi dan pegunungan yang memiliki udara yang sejuk dan memiliki berbagai fenomena alam yang unik serta menarik seperti  Air panas alam yang sangat baik untuk kesehatan, Kawah Vulkanik yang dapat didekati, Air Terjun, Telaga 7 warna dan Danau,  Selain fenomena alam wilayah ini juga menjadi pusat sayuran dan buah-buahan serta Perkebunan teh yang terhampar seperti pemadani hijau yang menyejukan.

Sebagian besar Provinsi Bengkulu merupakan Hutan Hujan Tropis dengan jenis Flora dan jenis Fauna langka didalamnya .seperti : Bunga Kibut ( tingginya bisa mencapai antara 1 sampai 1.5 meter ) , Anggrek,  Bunga Rafflesia ( Bunga terbesar di dunia dengan diameter sampai Mencapai 1.5 meter ). sedangkan jenis Fauna seperti Gajah Sumatra, Harimau Sumatra, Badak Sumatra, serta Beruang Madu sudah berhasil ditangkar dan menjadi salah satui atraksi wisata dalam Pusat latihan Gajah di Seblat.

Ibukota Propinsi Bengkulu merupakan kota Pantai tua yang memilki peningalan Sejarah Ingris antara lain Benteng Marlborough, Tugu Hamillton, Monumen Thomas Parr dan  Kuburan Eropa. selain memiliki peninggalan bangunan sejarah  kota Bengkulu juga mempunyai arti penting dalam rangkaian sejarah perjuangan bangsa karena Bengkulu dijadikan sebagai tempat pembuangan Sentot Alibasya dan Panglima Diponogoro serta Sukarno yang kemudian hari menjadi Presiden pertama Republik Indonesia serta Fatmawati Sebagai Ibu Negara dan Pahlawan Nasional.

Propinsi Bengkulu merupakan Propinsi di Indonesia yang pernah menjadi bagian dari pemerintahaan kolonial Ingris,  pada abad ke 18 saat dipimpin oleh Gurbernur Jendral Raffles ditemukan sebuah bunga terbesar di Dunia yang memiliki diameter kurang lebih 1 meter. Bunga tersebut kemudian diberi nama Rafflesia Arnoldy berdasarkan nama penemunya  Raffles dan Dr. Arnoldi seorang ahli botani.

Sebagai Ibukota Propinsi, Kota Bengkulu menjadikan wilayah perairan dan pantainya sebagai kawasan wisata dengan daya tarik utama berupa  pantai berpasir putih dengan kerindangan Cemara laut dengan didukung oleh sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang pariwisata yang lainya.

Sarana Akomodasi telah tersedia baik melalui darat maupun udara. Pemerintah Propinsi Bengkulu terus memacu pembangunan daerah dan selalu memberi dukungan penuh dengan berbagai kemudahan bagi Investor untuk menanamkan modalnya dalam bidang Pariwisata, Pertanian, Kehutanan, Perkebunan, Kelautan dan Pertambangan.

0 komentar:

Posting Komentar