"DwiBanet.Com : berisi Kumpulan Informasi menarik tentang Ape Aje, semoga bermanfaat"

Minggu, 20 Mei 2012

Esteban Suarez di Balik Earthscraper



Dok BNKR ArquitecturaJAKARTA - Dunia arsitektur digemparkan dengan sebuah inovasi design yang tak biasa. Sebuah perusahaan di Meksiko merencanakan sebuah bangunan pencakar bumi atau earthscraper. Sebuah gedung berbentuk piramida terbalik, akan berdiri tegak di bawah lapisan bumi. 

Bangunan ini menjadi sorotan dunia, sebab proyek ini akan menjadi sejarah baru bagi dunia arsitektur. 

Megakarya ini diciptakan oleh arsitektur Meksiko, Esteban Suarez. Dia sekaligus founder sebuah perusahaan konstruksi BNKR Arquitectura.

Dari sejumlah bangunan yang dikerjakaan memang memiliki karakter kuat nuansa yang tidak biasa. Gedung dan hunian yang diciptakan sangat atraktif dengan nuansa garis radikal.

Dalam sebuah wawancara khusus dengan okezone, Esteban mengaku konsep tak biasa ini bisa menjadi sebuah jawaban tantangan zaman yang sudah mulai mengalami keterbatasan lahan.

Gedung piramida terbalik ini akan memiliki 65 lantai ke bawah. Sebanyak 35 lantai terbawah akan menjadi pusat perkantoran.

Sementara 10 lantai di atas area perkantoran dirancang sebagai tempat tinggal, 10 lantai di atas area tempat tinggal atau pemukiman adalah pusat perbelanjaan, dan 10 lantai di atas pusat perbelanjaan adalah museum.

Permukaan paling atas dari gedung terbalik ini akan ditutupi lantai yang terbuat dari kaca seluas 240 meter x 240 meter. Tujuannya, agar bangunan tersebut mendapatkan cahaya alami dari dunia atas. 

Esteban Suarez kepada okezone mengatakan, bangunan tersebut akan menjadi pusat budaya baru bagi Meksiko.

Sebenarnya, motivasi di balik proyek ini adalah untuk mengembangkan jenis konstruksi baru, yang bisa menjadi cara untuk mengembangkan pusat kota. Di mana pengembangan kota sangat penting bagi aspek sosial dan politik, namun terkadang terkendala luas lahan bangunan.

Bagaimana proses ide proyek dan tehnik pembangunannya? Ikuti secara lengkap wawancara khusus okezone dengan Esteban Suarez, yang akan disajikan secara berkala hari ini.


0 komentar:

Posting Komentar