"DwiBanet.Com : berisi Kumpulan Informasi menarik tentang Ape Aje, semoga bermanfaat"

Selasa, 24 Agustus 2010

Cara Belajar Kode HTML untuk Membuat Efek pada Tulisan - HTML for Text

Cara Belajar Kode HTML untuk Membuat Efek pada Tulisan - HTML for Text: "Cara Belajar Kode HTML untuk Membuat Efek pada Tulisan - HTML for Text. Beberapa teman blogger ada yang pernah bertanya mengenai tatacara pengaturan pada tulisan/text/font yang ada pada wall post blog blogger. Agar lebih jelas yaitu, bagaimana cara mengatur/memanipulasi tulisan yang ada di blog blogger dengan menggunakan kode HTML. Yapz - memang sih, dalam masalah pengaturan gaya tulisan yang ada di blog kita (terutama di wall post) tak perlu susah-susah lagi, karena di sana telah tersedia tool2 yang mendukung untuk mengatur gaya tulisan yang kita inginkan, seperti: tool untuk bold (tulisan tebal), tool untuk italics (tulisan miring), dll. Namun, tak ada salahnya jika kita bahas mengenai masalah tersebut dengan agak rinci, yaaa...hitung-hitung agar ilmu kita mengenai kode HTML bertambah, jadi...kita tidak hanya tahu tool untuk mengatur bentuk suatu teks, akan tetapi juga tahu bagaimana format kode HTML untuk memerintah agar gaya maupun efek yang kita inginkan pada suatu teks bisa muncul.

Ya, langsung saja...kode-kode HTML yang biasa digunakan untuk mengatur atau memberi efek pada tulisan adalah sebagai berikut:

1. Kode untuk membuat huruf tebal (bold).

Kode untuk membuat huruf tebal yaitu <b>, dan untuk menebalkan suatu tulisan - maka tulisan tersebut harus diapit dengan kode <b> dan diakhiri dengan kode </b> yang kemudian disebut sebagai closing tag.

-. Contoh penggunaan yaitu seperti kalimat berikut=> Ibu Budi
-. Yang ingin kita tebalkan yaitu kata Budi, maka Budi lah yang kita apit dengan kode bold, maka jadinya "Ibu <b>Budi</b>" dan hasilnya adalah "Ibu Budi'

Perlu diketahui: Bahwa penutup kode/closing tag tergantung pada pembuka kodenya, maksudnya penutup kode dengan pembuka kode itu sama, hanya saja pada bagian penutupnya akan ada garis miring (/). Contoh: pembuka kode=> <b> dan penutupnya adalah=></b> dan ini akan berlaku pada kode HTML lainnya juga.

LANJUUUUTT.....

2. Kode untuk membuat huruf miring (italics), yaitu <i> dan closing tag-nya adalah </i> contoh penggunaan: "Ibu <i>Budi</i>" maka jadinya "Ibu Budi'

3. Kode untuk membuat garis bawah pada huruf (underline), yaitu <u> dan closing tag-nya adalah </u> contoh penggunaan: "Ibu <u>Budi</u>" maka jadinya "Ibu Budi'

4. Menempatkan tulisan pada Baris baru, maka kode yang digunakan adalah <br /> dan cara menggunakannya yaitu akhiri tulisan anda dengan kode tersebut jika ingin agar tulisan selanjutnya berada di barisan baru. Contoh:
=> Ibu <br />Budi, maka akan jadi:
Ibu
Budi

5. Membuat Tulisan Rataan Tengah. Kodenya yaitu <center> dan closing tag-nya yaitu </center>

6. Membuat tulisan Rataan Kanan. Kodenya yaitu <p align="right"> dan closing tag-nya yaitu </p>

7. Membuat tulisan Rataan Kiri. Kodenya sama seperti kode no.6 (di atas), hanya saja tulisan 'right' diganti 'left'

8. Cara Merubah Font/gaya teks. Maka kode HTML-nya yaitu <font face="Verdana"> dan closing tag-nya adalah </font> dan silahakan untuk merubah nama font "Verdana" dengan nama font yang anda inginkan seperti: Arial, Georgia, Times, dll.

9. Cara Mengatur Warna Teks. Kode HTML-nya adalah <font color="blue"> dan closing tag-nya adalah </font> dan warna yang akan dihasilkan adalah biru alias "blue". Untuk merubahnya dengan warna yang anda inginkan, silahkan ubah blue dengan nama warna lain yang anda inginkan seperti: Red (merah), yellow (kuning), Green (hijau), dll.

10. Mengatur Ukuran Besar-Kecil Tulisan. Maka kode HTML-nya yaitu <font style="font-size:500%;"> dan closing tag-nya adalah </font> dan untuk mengatur ukuran huruf yang anda inginkan, silahkan untuk merubah nilai "500%" dengan ukuran yang anda perlukan.

11. Membuat Tulisan berjalan (marquee). Maka kodenya yaitu <marquee> dan closing tag-nya adalah </marquee> dan untuk contohnya yaitu sebagai berikut:
=> Format: <marquee>Ibu Budi</marquee> dan hasilnya adalah:
Ibu Budi
(Jika tertarik untuk membuat efek Marquee lainnya, silahkan baca postingan dengan judul: Cara Membuat Tulisan Gerak/Marquee)

Sekian saja dulu. Sebenarnya masih banyak, namun yang paling sering digunakan untuk mengatur gaya tulisan adalah ke-11 kode di atas. Bagi teman-teman yang tahu lebih silahkan untuk di-sharing ke teman-teman yang lain...

Semoga bermanfaat_


Tags: cara belajar HTML, kode HTML untuk tulisan, mengatur gaya tulisan dengan HTML, macam-macam kode HTML untuk text, belajar mengedit tulisan dengan HTML
"

0 komentar:

Posting Komentar