"DwiBanet.Com : berisi Kumpulan Informasi menarik tentang Ape Aje, semoga bermanfaat"

Jumat, 04 Mei 2012

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Page Views Blog Blogger Blogspot

.

.Apa page views itu?  page views adalah 'tampilan halaman', jadi ketika kita mengatakan 'jumlah page views blog kita', maka itu artinya adalah 'jumlah tampilan halaman blog kita'. Mengapa harus memperhatikan page views blog? Youpz, kita sebagai seorang blogger akan memperhatikan jumlah page views blog kita untuk mengetahui seberapa besar minat serta daya tarik para pengunjung terhadap blog kita - semakin besar jumlah page views blog kita, maka ini membuktikan betapa besarnya daya tarik serta minat pengunjung kepada blog kita. Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa page views blog kita itu merupakan jumlah page views yang dapat dikatakan sebagai jumlah yang banyak/besar? Jumlah page views blog kita akan dikatakan sebagai jumlah yang besar jika jumlahnya merupakan dua kali lipat maupun lebih dari jumlah pengunjung/visitor blog kita, misalnya jumlah pengunjung blog anda hari ini 90 pengunjung, akan dikatakan besar page views blog anda jika memiliki angka yang berkisar sekitar 180(dua kali lipatnya), 360(tiga kali lipatnya), maupun lebih. Dengan begitu, jika jumlah page views sama saja dengan jumlah pengunjung, maka ini artinya page views blog kita masih kurang/sedikit dan perlu untuk ditingkatkan lagi.

Sejujurnya, blog ini bisa dikatakan sebagai blog yang masih sepi dari pengunjung. Namun di sisi lain saya pribadi sangat bangga dengan blog saya yang satu ini, karena walaupun jumlah pengunjung masih berkisar di angka seratusan ke atas akan tetapi jumlah page viewsnya sudah berlipat kali dari jumlah pengunjungnya.

Hitung-hitung buat saling berbagi informasi, berikut ini adalah beberapa trik untuk meningkatkan jumlah page views blog:

1. Menyertakan link Postingan yang dimaksud. Maksudnya, setiap kali anda menulis kalimat seperti: 'setelah kemarin2 kita membahas postingan mengenai bla...bla...bla...', nah - yang bla...bla...bla itu harusnya anda lampirkan link-nya agar para pengunjung/pembaca blog anda menjadi lebih jelas apa yang sedang anda maksudkan. Jika anda menyertakan sebuah link pada suatu teks yang anda jadikan sebagai penjelasan, maka besar kemungkinan para pengunjung akan penasaran mengenai apa yang anda bahas tersebut, dan untuk memenuhi rasa penasarannya, maka link itu akan diklik dan page views blog anda pun mulai bertambah.

2. Khusus bagi teman-teman yang memiliki blog tutorial Blogger, ya...seperti blog ini - alangkah baiknya jika beberapa widget maupun fitur yang dibahas juga disertakan di blog teman-teman (nggak harus semuanya kok - sebagian aja), dengan fungsi selain sebagai demo/contoh juga berfungsi sebagai daya tarik tersendiri. Apa maksud dari daya tarik tersendiri? Maksudnya adalah, suatu ketika ada seorang pengunjung blog anda dan merasa tertarik dengan beberapa pernik yang ada di blog anda. Karena ada rasa ketertarikan tersebut, ia pun ingin membuat sesuatu seperti pernak-pernik yang anda tampilkan di blog anda - nah, untuk memudahkan si pengunjung dalam surfing/menuju ke postingan yang membahas tentang pernak-pernik yang ada di dalam blog anda, maka cobalah untuk melampirkan link yang membahas mengenai widget maupun pernak-pernik tersebut. Jika teman-teman belum jelas, cobalah untuk memperhatikan screen shot berikut dan perhatikanlah bagian yang telah saya beri tanda dengan warna merah:

PAGE PEEL EFFECT


MENU D-TREE


BERLANGGANAN VIA EMAIL


TOMBOL BERBAGI/SHARE BUTTON


WIDGET PAGE VIEWS COUNTER/PENGHITUNG PAGE VIEWS



Nah, pada bagian-bagian yang telah saya beri tanda merah tersebut adalah bagian yang telah saya lampiri link yang langsung menuju ke postingan yang membahas cara membuat widget/pernak-pernik seperti pernak-pernik tersebut. Jika pengunjung blog kita mengkliknya, maka dia akan langsung diantarkan ke postingan tutorial cara membuatnya. Selain trik yang kita gunakan ini mempermudah pengunjung blog kita untuk menemukan postingan yang ia inginkan, juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah page views blog kita.

LALU BAGAIMANA DONG, BLOGKU BUKAN BLOG TUTORIAL BLOGGER? sedih

Jika blog teman-teman bukan blog tutorial blogger (khusus), maka tak masalah. Sejauh blog teman-teman bukan blog tutorial blogger, setidaknya teman-teman juga memiliki beberapa widget unik di blognya. Cobalah untuk membuat suatu postingan yang membahas tentang widget/pernak-pernik tersebut lalu lampirkan link-nya di sekitar widget(terkait) yang ada di blog anda dan jangan lupa untuk anchor text-nya bisa menggunakan kata-kata singkat seperti: cara membuat ini, buat widget ini?, pasang widget ini?, atau anchor text yang sudah familiar digunakan 'GET THIS WIDGET'. Nah, bagaimana? tentu ini nggak sulit bukan?

3. Buatlah menu 'Daftar Isi'. Lho, bukannya daftar isi itu hanya untuk memudahkan para pengunjung dalam menemukan postingan-postingan kita? Ya, daftar isi memang untuk mempermudah pengunjung blog kita dalam menemukan postingan-postingan kita, akan tetapi bukan hanya itu fungsinya - fungsi lain tentunya akan meningkatkan jumlah page views blog kita. Karena dengan adanya daftar isi, semua link postingan kita akan berada di satu tempat dan hal ini akan menjadi mudah jika si pengunjung blog ingin membuka link-link tersebut satu per satu.

4. Pasanglah Kotak pencarian alias search box. Kotak pencarian akan membantu para pengunjung blog kita untuk menemukan apa yang mereka cari di blog kita. Dengan adanya kotak pencarian/search box ini, jika si pengunjung menemukan apa yang ia cari dan mengklik link yang tertera, maka jumlah page views blog anda akan bertambah lagi^_ oh ya, ngomong-ngomong cara pasang kotak pencarian silahkan dibaca di sini. Hanya sekedar saran saja, daripada menggunakan kotak pencarian biasa yang hanya mengandalkan pencarian secara kata kunci sebagian (sistem label) yang kemudian hasilnya nggak begitu akurat, mendingan menggunakan kotak pencarian Google. Lalu apa kelebihannya? Kelebihannya yaitu menggunakan kata kunci yang sifatnya menyeluruh, dengan begitu semua postingan yang mengandung kata kunci yang kita masukkan akan ditampilkan semua (walaupun ada beberapa postingan yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan apa yang sedang kita cari), tentu dengan kotak pencarian model ini peluang para pengunjung blog kita untuk menemukan postingan yang ia cari semakin besar. Cara memasang kotak pencarian Google di blog:

a. Surfing ke halaman Tata Letak (sekarang: Rancangan)
b. Klik tambah Gadget, lalu pilih opsi 'Kotak Penelusuran" => Klik simpan.


5. Pasanglah 'Related Posts' (postingan terkait) di setiap akhir postingan anda. Untuk cara memasang related posts, silahkan baca postingan 'cara memasang related post'. Bagi teman-teman yang ingin memasang related post bergambar (thumbnails), silahkan baca di sini


6. Memasang widget 'Recent posts' atau postingan terbaru. Widget recent post pada umumnya widget yang berisi kumpulan beberapa postingan terbaru yang berada di blog kita. Widget ini akan sangat membantu tatkala jumlah postingan yang kita setting di halaman depan (homepage) blog kita hanya beberapa postingan saja (3 postingan saja misalnya). Maka widget recent posts akan sangat membantu jika kita setting dengan tampilan post lebih dari 3 postingan, bisa 7 postingan, maupun sampai 10 postingan. Dengan begitu para pengunjung blog kita jadi tahu beberapa postingan terbaru yang ada di blog kita. Bagi teman-teman yang tertarik untuk memasang widget recent post di blognya, silahkan surfing ke postingan ini, atau untuk yang recent post bergambar (with thumbnails) silahkan surfing di sini.

7. Buatlah artikel/postingan semenarik mungkin. Untuk trik yang satu ini bisa dilakukan oleh semua blogger yang memiliki blog dengan tema apa saja, tak perduli blog yang membahas tutorial blogger, berita unik, lucu, dsb yang penting adalah menarik dan lebih dari itu bisa menghibur pengunjung. Trik ini mengingatkan saya ketika saya berkunjung ke suatu blog milik teman saya, blog yang bertema umum. Walaupun di blognya nggak begitu banyak pernak-pernik/widget maupun hiasan-hiasan, namun yang menjadi daya tarik utama blog tersebut adalah konten(isi)nya. Isinya yang menarik membuat saya ingin membaca postingan/artikel lainnya yang ada di blognya^

Yupz, dah...cukup segitu saja dulu yaaa...mungkin teman-teman ada yang punya trik lain? Silahkan di-share ke teman-teman blogger lainnya. Semoga beberapa trik singkat di atas bisa membantu teman-teman dalam mendongkrak jumlah page views blognya.

Semoga bermanfaat_

sumber : http://t4belajarblogger.blogspot.com/2010/06/cara-mudah-meningkatkan-jumlah-page.html

"

3 komentar:

wisnuGUNDUL mengatakan...

keren banget info dan blog nya gan,met kenal ya

gerry tito harnowo mengatakan...

keren om ,,mkasih ,,, mampir juga ke web saya ...

www.supriyandi.com mengatakan...

Nice info gan,
Thanks

Posting Komentar